Forum » General » News and Announcements » BI: Ketergantungan Akan Dolar AS Kurang Sehat

BI: Ketergantungan Akan Dolar AS Kurang Sehat

  • Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono menyampaikan, hegemoni dan ketergantungan akan dolar AS dalam transaksi negara-negara di dunia sudah kurang sehat. Mengingat dolar AS adalah mata uang suatu negara sehingga penggunaannya sebagai global currency perlu dikurangi.To get more news about Ekonomi Indonesia, you can visit wikifx.com official website.
    Untuk mengurangi hegemoni dolar AS di Asia ini memang cukup aktif, ide Local Currency Settlement (LCS) ini terus bergulir sejak lama,” kata Erwin dalam Taklimat Media BI pada Rabu (8/9).
      BI sendiri tidak memiliki target signifikan untuk batas pengurangan penggunaan dolar AS. Karena ini sangat tergantung dengan preferensi bisnis di industri. Namun, BI sebagai otoritas perlu menciptakan hubungan yang lebih sehat.
    Erwin mengatakan, BI akan terus mendorong kebijakan tersebut agar membawa penyesuaian di industri. Salah satu caranya dengan memberikan insentif bagi pihak-pihak atau pelaku ekonomi yang menggunakan LCS. Dengan demikian, ketergantungan bisa bergeser menjadi lebih sehat.
      September 20, 2021 12:46 AM MDT
    0