Jantungku » Discussions


Mengenal Lebih Detail Tentang Peripheral Arterial Disease

  • maya lastri
    Leader
    April 26, 2021
    Ada banyak gejala yang muncul ketika seseorang mengalami penyakit arteri perifer, beberapa diantaranya:

    1. Munculnya rasa nyeri ketika berjalan kaki.

    2. Nyeri tungkai saat sedang beristirahat

    3. Asimtomatik, dimana penyakit tersebut ada namun tidak menunjukkan gejala klinis pada penderitanya.

    4. Ulkus, merupakan bagian luka terbuka yang sulit sembuh dan kerap kali mengalami kambuh.

    5. Gangren, atau munculnya jaringan tubuh yang mati akibat tidak mendapat suplai darah yang cukup.

    6. Claudicatio intermitten yang biasanya memunculkan rasa lelah pada otot, kram atau sakit ketika beraktivitas namun akan hilang ketika sudah beristirahat sebentar.

    Diagnosis dan Tindakan Intervensi Perifer




    Untuk mendiagnosis penyakit PAD ini perlu dilakukan pemeriksaan pembuluh darah. Ada beberapa meotde yang bisa digunakan, diantaranya Duplex Ultrasonografi (USG), Angiografi Perifer, Ankle Brachial Index dan CT Angiografi (CT scan). Pemeriksaan Ankle Brachial Index atau ABI paling direkomendasikan karena biayanya yang lebih murah, noninvasif dan reliable.

    Setelah mendapat diagnosis pasien biasanya akan mendapatkan berbagai tindakan penanganan. Mulai dari terapi perubahan gaya hidup, pemberian obat-obatan hingga tindakan intervensi perifer.

    Tindakan intervensi perifer yang umum dilaksanakan adalah dengan tindakan angioplasti, dimana dokter akan memasang kateter untuk memasukkan stent gunamembuka area pembuluh darah yang tersumbat. Dengan tindakan intervensi perifer menggunakan metode angioplasti ini diharapkan pembuluh darah tidak kembali menyempit, sehingga aliran darah tetap dapat berjalan dengan baik.

    dr Suko Adiarto, Sp.JP(K) yang kini berpraktek di Heartology. beliau memiliki minat khusus di bidang kardiologi intervensi dan intervensi vaskular. Anda bisa membuat janji konsultasi dengan dr Suko di website Heartology melalui halaman pendaftaran online di Heartology