Cek Kesehatan Jantung » Discussions


Proses Pemeriksaan Fisik Jantung

  • maya lastri
    Leader
    July 22, 2021


      1. Perkusi





    Untuk pemeriksaan yang pertama dikenal dengan perkusi. Dalam pemeriksaan fisik jantung satu ini, akan dilakukan dengan cara yakni mengetuk permukaan dada menggunakan jari tangan. Nantinya bunyi ketukan tangan yang dihasilkan tersebut akan mampu digunakan sebagai indikator dari kondisi jantung dan juga organ yang ada d sekitarnya, seperti paru paru.






      1. Palpasi





    Sebelum melakukan proses intervensi kardiologi oleh dokter spesialis jantung, perlu dilakukan pemeriksaan satu ini. dimana prosesnya adalah dengan memeriksa detak jantung yang berada di permukaan dinding dada. Selain itu, palpasi juga bisa digunakan untuk melakukan penilaian apakah pembengkakan yang terjadi di tungkai dapat diakibatkan penumpukan cairan atau bukan.






      1. Inspeksi





    Dengan melakukan pemeriksaan visual sederhana atau inspeksi, hal ini dapat berguna untuk mendeteksi apakah terjadi pembengkakan atau tidak pada bagian tungkai maupun organ tubuh yang lain. Oleh karena itu, cara ini dapat dilakukan sebelum akhirnya melakukan tindakan yang lebih lanjut seperti intervensi kardiologi.






      1. Auskultasi





    Selain itu, jenis pemeriksaan satu ini juga mampu untuk menilai apakah terjadi perubahan suara napas pada paru paru. Terutama jika terjadi penimbunan cairan karena ganguan dari jantung. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pemeriksaan dini terlebih dahulu sebelum melakukan pemeriksaan lanjutan.

    Dengan melakukan pemeriksaan dari empat komponen tersebut, nantinya dokter akan mampu untuk menentukan apakah anda memang memiliki gejala penyakit jantung atau tidak. Sehingga nantinya, jika anda memang terdeteksi memiliki penyakit jantung akan bisa dilakukan penanganan dan juga perawatan yang tepat.

    Beberapa tim dokter spesialis di Heartology memiliki berbagai keahlian salah satu diantaranya adalah keahlian di bidang intervensi kardiologi. Salah satu tim dokternya adalah dr. Denio Adrianus Ridjab, Sp.JP (K) yang merupakan dokter jantung sub spesialisasi intervensi kardiologi yang kini berpraktek di Heartology.

    Beliau memiliki beberapa keahlian khusus diantaranya Kardiologi umum dan kardiologi intervensi, Pencegahan penyakit jantung, Kardiologi olahraga, Penyakit jantung valvular, Gagal Jantung dan kardiomiopati

    sumber :

    https://fnetchat.com/read-blog/19817_kenali-dulu-4-proses-pemeriksaan-fisik-jantung-sebelum-intervensi-kardiologi.html