Manfaat Media Pembelajaran

More from Andrie Samaran

  • Vendor Sandal Custom Slip On
    0 comments, 0 likes
  • Jasa Pembuatan Sandal Jepit Custom
    0 comments, 0 likes
  • Jual Sandal Crocs Pria
    0 comments, 0 likes

More in Politics

  • Norton antivirus account login
    27 comments, 127,047 views
  • Liquidity Locking Made Easy
    9 comments, 81,266 views
  • Ang jili178 login ay nagdudulot sa iyo ng mga laro ng slot at karanasan sa laro ng soccer
    2 comments, 45,462 views

Related Blogs

  • Buy Iverheal 12 Mg Online At Low Price Genericpharmamall
    0 comments, 0 likes
  • Progressive Jackpots | How to Win Big with Online Slots?
    0 comments, 0 likes
  • Online Slot Are Here To Help You Out
    1 comment, 0 likes

Archives

Social Share

Manfaat Media Pembelajaran

Posted By Andrie Samaran     February 16, 2022    

Body

Manfaat Media Pembelajaran

Manfaat dari media pembelajaran. Kemp dan Dayton (1985) misalnya, mengidentifikasi beberapa manfaat media dalam pembelajaran yaitu :

  1. Penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan. Setiap pendidik mungkin mempunyai penafsiran yang berbeda-beda terhadap suatu konsep materi pembelajaran tertentu. Dengan bantuan media, penafsiran yang beragam tersebut dapat dihindari sehingga dapat disampaikan kepada peserta didik secara beragam. Setiap peserta didik yang melihat atau mendengar uraian suatu materi pelajaran melalui media yang sama, akan menerima informasi yang persis sama seperti yang diterima oleh peserta didik-peserta didik lain. Dengan demikian, media juga dapat mengurangi terjadinya kesenjangan informasi diantara peserta didik di manapun berada
  2. Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik. Dengan berbagai potensi yang dimilikinya,media dapat menampilkan informasi melalui suara, gambar, gerakan dan warna, baik secara alami maupun manipulasi. Materi pelajaran yang dikemas melalui program media, akan lebih jelas, lengkap, menarik minat peserta didik. Dengan media, bahkan materi sajian bisa membangkitkan rasa keingintahuan peserta didik, merangsang peserta didik bereaksi baik secara fisik maupun emosional. Kunjungi juga link berikut Jual Airsoft Gun Murah
  3. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif. Jika dipilih dan dirancang secara baik, media dapat membantu pendidik dan peserta didik melakukan komunikasi dua arah secara aktif selama proses pembeljaran. Tanpa media, seorang pendidik mungkin akan cenderung berbicara satu arah kepada peserta didik. Namun dengan media, pendidik dapat mengatur kelas sehingga bukan hanya pendidik sendiri yang aktif tetapi juga peserta didiknya.
  4. Efisiensi dalam waktu dan tenaga.Keluhan yang selama ini sering kita dengar dari pendidik adalah selalu kekruangan waktu untuk mencapai target kurikulum. Sering terjadi pendidik menghabiskan banyak waktu untuk menjelaskan suatumateri pelajaran. Hal ini sebenarnya tidak harus terjadi jika pendidik dapat memanfaatkan media secara maksimal. Misalnya, tanpa media seorang pendidik tentu saja akan menghabiskan banyak waktu untuk menjelaskan sistem peredaran darah manusia atau proses terjadinya gerhana matahari. Padahal dengan bantuan media visual, topik ini dengan cepat dan mudah dijelaskan kepada anak.
  5. Meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik.Penggunaan media bukan hanya membuat proses pembelajaran lebih efisien, tetapi juga membantu peserta didik menyerap materi belajar lebih mendalam dan utuh. Bila hanya dengan mendengarkan informasi verbal dari pendidik saja, peserta didik mungkin kurang memahami pelajaran secara baik. Tetapi jika hal ini diperkaya dengan kegiatan melihat, menyentuh, merasakan atau mengalami sendiri melalui media, maka pemahaman peserta didik pasti akan lebih baik. Lihat juga Jual Airsoft Gun Jakarta
  6. Media memungkinkan proses belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.Media pembelajaran dapat dirancang sedemikian rupa sehingga peserta didik dapat melakukan kegiatan belajar secara lebih leluasa, kapanpun dan dimanapun, tanpa tergantung pada keberadaan seorang pendidik. Program-program pembelajaran audio visual, termasuk program pembelajaran menggunakan komputer, memungkinkan peserta didik dapat melakukan kegiatan belajar secara mandiri, tanpa terikat oleh waktu dan tempat. Penggunaan media akan menyadarkan peserta didik betapa banyak sumber-sumber belajar yang dapat mereka manfaatkan untuk belajar.
  7. Media dapat menumbuhkan sikap positif peserta didik terhadap materi dan proses belajar.Dengan media, proses pembelajaran menjadi lebih menarik sehingga mendorong peserta didik untuk mencintai ilmu pengetahuan dan gemar mencari sendiri sumber-sumber ilmu pengetahuan. Kebiasaan peserta didik untuk belajar dari berbagai sumber tersebut, akan bisa menanamkan sikap kepada peserta didik untuk senantiasa berinisiatif mencari berbagai sumber belajar yang diperlukan.
  8. Merubah peran pendidik ke arah yang lebih positif dan produktif.
    Dengan memanfaatkan media secara baik, seorang pendidik bukan lagi menjadi satu-satunya sumber belajar bagi peserta didik. Seorang pendidik tidak perlu menjelaskan seluruh materi pelajaran, Kunjungi juga Jual Airsoft Gun. karena bisa berbagi peran dengan media. Dengan demikian, pendidik akan lebih banyak memiliki waktu untuk memberi perhatian kepada aspek-aspek edukatif lainnya, seperti membantu kesulitan belajar peserta didik, pembentukan kepribadian, memotivasi belajar dll.

Dari manfaat media pembelajarantersebut, Kemp &Dayton (1985) juga menyatakanbahwa manfaat media pembelajarandapat memenuhi tiga fungsi utama apabila media itu digunakan untuk perorangan, kelompok, atau kelompok pendengar yang besar jumlahnya, yaitu :

Comments

0 comments